Kamis, 22 November 2012

Buku Tinjauan Populer Arsitektur Kuno dan Modern


Buku Tinjauan Populer Arsitektur Kuno danModern ini menjelaskan berbagai hal yang unik dan menarik dari berbagai bangunan yang ada pada berbagai kota di wilayah Tunisia, Afrika Utara.Berbagai hal yang menonjol dan memiliki nilai arsitektur yang tinggi yang kiranya perlu diketahui untuk para mahasiswa dan pemerhati dari bidang: Arsitektur, Arkeologi, dan Pariwisata. Antara lain suatu kota yang bernama Matmata merupakan satu peninggalan peradaban manusia pada masa lampau, di mana bangunannya berada di bawah tanah namun masih eksis sampai dewasa ini dan dipertahankan bahkan berfungsi sebagai hotel. Tidak ada tanda-tanda kehidupan di atas tanah, hanya antena-antena televisi yang bermunculan dari bawah tanah. Arsitektur Kuno ini memperkaya dan memperluas wawasan yang sarat dengan cikal bakal Arsitektur Modern dewasa ini pada bangunan-bangunan di Bulla Regia, Dougga, Thuburbo Majus, Kartago. Di samping itu, dibahas pula ber-bagai Arsitektur Kuno lainnya yaitu: El Djem, Utique, Zaghouan, Kairouan.Arsitektur Modernnya adalah Kota-kota Pantai (Bizerte, Tabarka, Ain Draham, Tunis, La Gammarth, La Marsa, Sidi Bou Said, La Goullette, Hammamet, Korbus, Nabeul, Sousse, Port El Kantaoui, Monastir, Mahdia, Sfax, Pulau Kerkennah, Gabes, Pulau Djerba-Zarzius)


Sementara yang menarik untuk bidang pariwisata selain tempat tersebut di atas juga adanya Kota-kota di Gurun Pasir misalnya seperti di Kebili, Gafsa, Chebika, Douz, Ben Gardane, Tozeur.Di samping itu, dipaparkan tentang Studi Banding antara unsur-unsur Arsitektur Romawi di Kota Dougga, di Tunisia dan Kota Pompei di Italia. Yang menarik juga adanya Profil Medina -sebuah Kota Arab di Tunis.



Ruang Bawah Tanah (Bulla Regia dan Matmata di Tunisia-Afrika Utara) dan Hasil Studi Pengaruh Psikologis dan Fisiologis Manusia di Ruang bawah Tanah dari Bangunan Masa Kini dijelaskan secara teoretis juga pada buku ini. 



Diawali dengan pembahasan Teori Konsep Arsitektur Mediterania, dipaparkan tentang Arsitektur Bangunan Modern dan rumah-rumah di Pantai, Lembah Subur, sampai dengan Gurun Pasir di Tunisia. Sebagai penutup disajikan Serba-Serbi yang Menarik di Tunisia dari Makanan, Minuman, Kafe, Pakaian, Iklim, Polusi, Perumahan, Binatang, Sayur-Mayur, Buah-buahan, Kerajinan Tangan, Musik dan Tarian, Makanan Pokok, Bahasa, Pariwisata, Bangga Akan Produksi Dalam Negeri, Buah Zaitun, Hari Raya Iedul Adha.

Buku Tinjauan Populer Arsitektur Kuno dan Modern

Pengarang: Dra. Adjeng Hidayah Tsabit Prof. Dr.-Ing Ir. Hj. Sri Pare Eni, lic.rer.reg

Halaman: 200

Harga: Rp. 60.000

Buku Tinjauan Populer Arsitektur Kuno dan Modern
Buku Tinjauan Populer Arsitektur Kuno
 dan Modern

0 komentar:

Posting Komentar