Buku FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM ini menyajikan konsep
pembaruan pendidikan Islam dalam perspektif keilmuan yang
integratif-interkonektif. Paradigma keilmuan integratif-interkonektif
menyajikan kajian terhadap falsafah, sains, dan agama Islam sebagai hubungan
antar entitas yang saling terkait (interconnected entities).
Konsep penulis ditemukan dari
indentifikasi terhadap empat problem yang dihadapi oleh pendidikan Islam, yaitu problem
lack of vision, kesalehan individual dan ketertinggalan teknologi, dikotomi
ilmu, dan tradisi berpikir normatif-deduktif.
Konsep pendidikan hadhari menawarkan
jalan keluar atas problema tersebut dengan jalan internalisasi nilai dan
prinsip umum yang meliputi petunjuk waktu (releaved guidance),
nilai-nilai kenabian, dan nilai-nilai masa keemasan dengan tetap merespons
isu-isu kontemporer. Kehadiran buku ini diharapkan memberikan pencerahan bagi
konsep pendidikan Islam terutama di kalangan pendidik dan pendidikan di semua
tingkatan.
Buku FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM Paradigma Baru
Pendidikan Hadhari Berbasis Integratif-Interkonektif
Pengarang: Prof. Dr. Abd. Rachman Assegaf
Halaman: 394
Harga: Rp. 59.000
Buku FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Integratif-Interkonektif |
0 komentar:
Posting Komentar