Buku PERSEPEKTIF MANAJEMEN PENGETAHUAN INFORMASI, KOMUNIKASI, PENDIDIKAN & PERPUSTAKAAN ini bercerita tentang pengetahuan
yang dimiliki manusia dengan beragam konsep, aspek, dan konteks, terutama
sekali konteks manajemen, informasi, komunikasi, pendidikan, dan perpustakaan.
Konteks dan aspek dimaksud, tergambar dalam ruang lingkup manajemen
pengetahuan, yang antara lain meliputi: aliran pengetahuan dan interaksinya,
prosesnya, siklusnya, penganalisisannya, sistemnya, dan alurnya. Selain itu,
konteks berikutnya adalah tahap penciptaan pengetahuan, yang meliputi
kemunculannya, asal kelahirannya hingga pengembangannya, kemudian masalah
penyimpanannya, pendokumentasiannya, perekamannya, aspek sharing-nya, dan
distribusinya.
Aspek penggunaan atau
pemanfaatan pengetahuan dengan segala praksis terkaitnya, juga termasuk ke
dalam lingkup manajemen pengetahuan ini.
Kategorisasi pengetahuan seperti misalnya konsep
tacit knowledge dan explicit knowledge, juga implicit knowledge, dan
peristilahan lainnya yang sejenis, itu semuanya juga masih menggambarkan ruang
lingkup manajemen pengetahuan. Aspek lain yang terkait dengan konsep
pengetahuan seperti data dan informasi, konsep know-what dan know-how, juga
merupakan bagian dari bahasan manajemen pengetahuan. Selanjutnya dilihat dari
proses atau pentahapannya, manajemen pengetahuan akan melingkupi konsep
internalisasi, eksternalisasi, sosialisasi, dan kombinasi semuanya, juga
menjadi bagian dari lingkup bahasannya. Dari aspek-aspek seperti itulah
tergambar ruang lingkup manajemen pengetahuan dalam organisasi atau lembaga
dalam beragam jenis dan ukurannya.
Buku PERSEPEKTIF MANAJEMEN PENGETAHUAN
INFORMASI, KOMUNIKASI, PENDIDIKAN & PERPUSTAKAAN
Pengarang: Pawit M. Yusuf
Halaman: 544
Harga: Rp. 97.000
Buku PERSEPEKTIF MANAJEMEN PENGETAHUAN INFORMASI, KOMUNIKASI, PENDIDIKAN & PERPUSTAKAAN |
0 komentar:
Posting Komentar