Rabu, 21 November 2012

Buku Pengantar Sosiologi Kurikulum


Buku PengantarSosiologi Kurikulum ini sangat kuat dengan logika fungsionalisme yang ditunjukkan pada artikulasi semua elemen yang sangat sempurna. Asumsi sangat kuat sebagai basis fungsionalisme. Buku ini juga menyajikan sebuah ajakan untuk melakukan refleksi politik terkait kurikulum. Beberapa refleksi tersebut antara lain: apakah sekarang  kurikulum pengetahuan yang terseleksi diajarkan di sekolah? Bagaimana konsepsi manusia, warga negara, serta produsen pengetahuan lainnya untuk membentuk konsep-konsep tersebut yang kemudian digunakan dalam kehidupan sehari-hari?Pertanyaan refleksi lainnya yaitu apa artinya dan apa tantangan reorganisasi kurikulum di sekitar gagasan kompetensi yang ditetapkan hari ini oleh organisasi internasional? Tentu saja buku ini menjadi referensi penting bagi para peneliti dan mahasiswa.
Prof. Dr. Jean Louis Derouet,  Professor Sosiologi Pendidikan di Ecole Normale Supérieur (ENSde Lyon, Perancis

Buku Pengantar Sosiologi Kurikulum ini  berupaya menjelaskan pergulatan dan perdebatan teoritik kurikulum dalam studi sosiologi, sekaligus  juga pertautannya dengan kekuasaan. Topik bahasan buku ini menjadi pembahasan penting pada mata kuliah Sosiologi Kurikulum di  program-program Studi Pendidikan Sosiologi atau jurusan-jurusan Sosiologi  di FKIP/IKIP/STKIP di S1 maupun S2.

Sasaran Pembaca:


Pengantar Sosiologi Kurikulum digunakan di semester 3 (Ganjil) tahun ke-2 yg kuliahnya periode kuliahnya Agustus-Desember. Digunakan untuk Program Studi Pendidikan Sosiologi atau jurusan-jurusan yang ada di FKIP/IKIP/STKIP. Tidak tertutup kemungkinan juga mahasiswa Pascasarjana sangat memerlukan buku ini.
Pengantar Pedagogi Kritis digunakan untuk semester 4 (Genap) tahun ke-2 yang kuliahnya periode Februari-Juli. Digunakan untuk program studi Pendidikan Sosiologi atau jurusan-jurusan yang ada di FKIP/IKIP/STKIP. Tidak tertutup kemungkinan juga digunakan mahasiswa Pascasarjana Kependidikan.

Sekilas penulis:


Rakhmat Hidayat adalah lulusan S1 Jurusan Sosiologi FISIP Unsoed Purwokerto (2002) dan S2  Sosiologi FISIP UI. Sejak tahun 2004 menjadi dosen Jurusan Sosiologi Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Sejak Maret 2011 mengikuti Program Doktoral Ilmu Pendidikan di Université Lumiere Lyon 2, Prancis. Topik disertasinya adalah “The Politics of Higher Education Post New Orde”. Pada tahun 2003-2005 menjadi wartawan Majalah Cakram. Ia sering melakukan penelitian dalam topik kajian perkotaan, studi kurikulum, pendidikan tinggi dan gerakan guru di Indonesia. Ia terlibat di beberapa jurnal sosiologi yaitu Jurnal Komunitasdan Jurnal Scripta Sosieta yang ada di  Jurusan Sosiologi FIS UNJ.Saat ini juga ia sedang magang sebagai peneliti doktoral di Institut Français de l’Éducation (IFE), Lyon-Prancis. IFE adalah lembaga penelitian yang fokus pada kajian pendidikan. IFE ini berada dalam jaringan Ecole Normale Superieur  (ENS) Lyon, Prancis. Penulis dapat dihubungi di:rakhmat_123@yahoo.com


PENGANTAR SOSIOLOGI KURIKULUM

Pengarang: Rakhmat Hidayat

Halaman: 294

Harga: Rp. 49.000

0 komentar:

Posting Komentar