Rabu, 28 November 2012

Buku PEMBERHENTIAN KEPALA DAERAH Mekanisme Pemberhentiannya Menurut Sistem Pemerintahan di Indonesia


Buku PEMBERHENTIAN KEPALA DAERAH Mekanisme Pemberhentiannya Menurut SistemPemerintahan di Indonesia ini menjelaskan substansi dan mekanisme pemberhentian kepala daerah. Penjelasan tersebut tidak sekadar mendeskripsikan aturan-aturan yang mengatur isu itu dalam kaidah-kaidah yang bersifat legal formal, tetapi dilakukan pula analisis terhadap aturan-aturan tersebut. Karena analisis yang digunakan adalah analisis akademik, maka dibahas pula teori-teori yang relevan sebagai sandaran utama analisis. Setelah diuraikan pengaturan tentang pemerintahan daerah menurut UUD 1945, dilanjutkan dengan pemaparan tentang teori-teori yang secara akademik dapat dipakai untuk menjelaskan pertanggungjawaban kepala daerah. Atas dasar teori ini dibahas persoalan pemberhentian kepala daerah menurut dinamikanya dari masa ke masa.


Perhatian pada persoalan pemberhentian Kepala Daerah bukan hanya monopoli segelintir pihak. Kita semua berkepentingan dengan persoalan ini. Legislatif pusat ingin mengetahui bagaimana menetapkan syarat-syarat dan mekanisme pemberhentian kepala daerah dalam undang-undang tentang pemerintahan daerah yang mereka bentuk. Legislatif daerah ingin mengetahui bagaimana sikap yang tepat dalam hal berkembang wacana tentang pemberhentian kepala daerah. Para kepala daerah ingin mengetahui argumentasi yang tepat dalam menelaah dan memahami aturan tentang pemberhentian mereka di tengah masa jabatan. Para politisi, aktivis LSM, pers dan badan-badan yang bergerak memengaruhi pendapat masyarakat berkepentingan mengetahui bagaimana pengaturan isu ini dalam undang-undang dan bagaimana tinjauan hukum terhadap pengaturan tersebut. Para akademisi dan mahasiswa yang berkecimpung dalam kajian ketatanegaraan dan pemerintahan – apapun program studinya – ingin memperkaya analisis terhadap pengaturan tentang kepala daerah. Terakhir, paling tidak setiap mahasiswa – apa saja bidang ilmunya – yang punya kepedulian terhadap penyelenggaraan pemerintahan yang baik, memerlukan ngetahuan dan wawasan tentang persoalan ini.       


Sasaran pembaca :

Buku PEMBERHENTIAN KEPALA DAERAH Mekanisme Pemberhentiannya Menurut Sistem Pemerintahan di Indonesia ini rujukan untuk mahasiswa Fakultas Hukum khususnya yang tengah mengambil mata kuliah Hukum Pemerintahan Daerah, para politikus, para wakil rakyat, serta para pejabat pemerintah di daerah maupun di pusat.


Sekilas penulis:

Dian Bakti Setiawan, menyelesaikan pendidikan Sarjana Hukum (S1) Fakultas Hukum Universitas Andalas pada tahun 1996 dan menyelesaikan pendidikan Magister Hukum pada tahun 2007 di Universitas Padjajaran Bandung dengan Bidang Kajian Utama Hukum Ketatanegaraan. Sejak tahun 2000 diangkat sebagai Staf Pengajar pada Fakultas Hukum Universitas Andalas. Di samping Staf Pengajar saat ini juga dipercaya sebagai Ketua Bagian Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Andalas.


Buku PEMBERHENTIAN KEPALA DAERAH Mekanisme Pemberhentiannya Menurut Sistem Pemerintahan di Indonesia

Pengarang: Dian Bakti Setiawan, SH., MH.

Halaman: 250

Harga: Rp. 50.000


Buku PEMBERHENTIAN KEPALA DAERAH Mekanisme Pemberhentiannya Menurut Sistem Pemerintahan di Indonesia
Buku PEMBERHENTIAN KEPALA DAERAH
Mekanisme Pemberhentiannya Menurut Sistem Pemerintahan di Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar