Buku PENGEMBANGAN METODE DAKWAH ini
membahas bagaimana bentuk dakwah yang merupakan segala bentuk aktivitas
penyampaian ajaran Islam kepada orang lain dengan berbagai cara bijaksana agar
memahami dan mengamalkan ajaran Islam dalam semua lapangan kehidupan. “Berbagai
cara bijaksana” itu mestilah dilaksanakan dengan seperangkat ilmu yang dikenal
sebagai ilmu dakwah.
Ilmu dakwah
adalah suatu ilmu yang berisi cara-cara dan tuntunan untuk menarik perhatian
orang lain supaya menganut, mengikuti, menyetujui atau melaksanakan suatu
ideologi, agama, pendapat atau pekerjaan tertentu. Buku ini memberikan
pengantar kepada pemahaman dan kajian terhadap tujuan, sasaran dan target
pencapaian dakwah terhadap masyarakat. Dakwah dalam buku ini dimaknai sebagai
proses internalisasi, transformasi, transmisi, dan difusi ajaran Islam dalam
kehidupan masyarakat, sehingga pola dakwah dibagi dalam tiga hal, yaitu: Dakwah
Kultural, Dakwah Politik dan Dakwah Ekonomi.
Ke tiga kriteria
dakwah di atas dideskripsikan ke dalam metode dan manajemen dakwah, yang tentu
saja dilatari sejarah ilmu dakwah dan tokoh-tokoh pemikirnya. Pendekatan
keilmuan (epistemologi, ontologi dan aksiologi) dikaji juga berkenaan dengan
kedudukan dakwah sebagai sebuah ilmu.
Inilah buku
wajib bagi mahasiswa UIN (IAIN) dan STAIN serta Perguruan
Islam lainnya. Selain juga dapat menjadi referensi bagi para da’i dan
mubaligh tidak saja yang bergerak di lapangan keilmuwan tetapi juga praktis.
Sasaran
Pembaca:
Buku wajib
bagi mahasiswa UIN (IAIN) dan STAIN serta Perguruan Islam lainnya.
Selain juga dapat menjadi referensi bagi para da’i dan mubaligh tidak
saja yang bergerak di lapangan keilmuwan tetapi juga praktis.
Buku
PENGEMBANGAN METODE DAKWAH
Pengarang:
Dr. Acep Arifuddin
Halaman: 272
Harga: Rp. 52.000
0 komentar:
Posting Komentar