Rabu, 28 November 2012

Buku HUKUM PIDANA HORIZON BARU PASCA REFORMASI


BukuHUKUM PIDANA HORIZON BARU PASCA REFORMASI  ini merangkum berbagai isu aktual hukum pidana. Pembahasan dibuka dengan pembaruan hukum pidana dari era kolonial ke era nasional. Kemudian mengenai kebijakan penegakan hukum pidana, dan pengupasan berbagai bentuk kejahatan, seperti the White Collar Crime,pencucian uang, kejahatan Mayantara, Hukum Lingkungan, KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme), mal praktik dokter, dan pelanggaran hak cipta.Pembaruan hukum pidana (criminal law reform) kini merupakan “harga mati” ditinjau dari berbagai aspek. Pertama aspek politis, di mana Indonesia sebagai negara merdeka harus mempunyai Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) ciptaan sendiri; kedua aspek sosiologis, pengaturan dalam hukum pidana harus merupakan pencerminan ideologi politik bangsa tersebut; dan terakhir adalah aspek praktis (kebutuhan dalam praktik), karena KUHP asli dalam bahasa Belanda sehingga untuk mempelajarinya harus memahami bahasa tersebut terlebih dahulu.

Kejahatan yang terjadi dewasa ini semakin kompleks. Para pelaku bukan lagi individu namun sudah merupakan suatu jaringan kerja (network crime). Kejahatan elite yang dikenal dengan the white collar crime yang merupakan kebalikan dari kejahatan orang awam atau the blue collar crime kini semakin berkembang pesat. Teknologi yang pada awalnya sebagai bentuk kemajuan peradaban pun pada sisi lain juga bermanfaat untuk kemajuan “teknologi kejahatan”, seperti kejahatan mayantara ataupun pelanggaran hak cipta.


Sasaran pembaca :

Buku HUKUM PIDANA HORIZON BARU PASCA REFORMASI  ini sangat perlu untuk mata kuliah Kapita Selekta Hukum Pidana, Tindak Pidana Khusus, Tindak Pidana Ekonomi, Hukum Lingkungan, Hak Atas Kekayaan Intelektual, Hukum Dunia Maya, dan Hukum Kedokteran.


Sekilas penulis:

Prof. Dr. Teguh Sulistia, S.H., M.Hum. Pendidikan S1 ditamatkan pada Fakultas Hukum Universitas Andalas, Padang, adapun S2 dan S3 ditamatkan pada Program Pascasarjana Universitas Airlangga, Surabaya.
Spesialis dan Aplikasi Keilmuannya mengenai hukum pidana, hukum pidana ekonomi dan viktimologi. Spesialisasi dalam hukum pidana dan hukum bisnis. Kegiatan yang dilakukan dalam bentuk penyuluhan, penerangan dan konsultasi hukum terhadap perbuatan melanggar hukum atau tindak pidana umum, tindak pidana ekonomi dan korban kejahatan yang dialami oleh warga masyarakat. Pelatihan berbasis kompetensi dalam hukum bisnis bagi warga masyarakat pada setiap praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat untuk menghadapi globalisasi ekonomi yang dihadapi oleh dunia usaha Indonesia.

Hj. Aria Zurnetti, S.H., M.Hum. Pendidikan sarjana diperoleh pada Fakultas Hukum Universitas Andalas Pandang, adapun gelar master diperoleh pada Program Pascasarjana Universitas Airlangga, Surabaya.
Spesialis dan Aplikasi Keilmuannya mengenai hukum pidana korupsi, bantuan hukum, perlindungan anak dan hukum pidana khusus. Melakukan kegiatan pengabdian dalam bentuk konsultasi hukum, penyuluhan atau sosialisasi dan penerangan hukum  terhadap masyarakat tidak mampu, di lingkungan majelis taklim, kelurahan dan sekolah terhadap perbuatan melanggar hukum (tindak pidana) korupsi, kekerasan dalam rumah tangga, perlindungan anak, kenakalan remaja, penyalahgunaan narkotika obat berbahaya (narkoba) dan zat adiktif serta perdagangan orang.



Buku HUKUM PIDANA HORIZON BARU PASCA REFORMASI

Pengarang: Prof. Dr. Teguh Sulistia, SH., M. Hum. - Aria Zurnetti, SH., M. Hum

Halaman: 306

Harga: Rp. 53.000


Buku HUKUM PIDANA HORIZON BARU PASCA REFORMASI
Buku HUKUM PIDANA
 HORIZON BARU PASCA REFORMASI

0 komentar:

Posting Komentar