Rabu, 28 November 2012

Buku HUKUM LINGKUNGAN DI INDONESIA


Buku HUKUM LINGKUNGAN DI INDONESIA ini secara substansial membahas norma, asas-asas dan doktrin-doktrin hukum yang berlaku di Indonesia melalui tiga aspek  substansi hukum lingkungan, yaitu hukum administrasi, hukum pidana dan hukum perdata. Tambahan doktrin-doktrin hukum di negara-negara lain seperti Belanda dan Amerika Serikat, digunakan sebagai pembanding. Pendekatan yang digunakan penulis dalam membahas hukum lingkungan antara lain pendekatan sejarah dan perkembangan hukum lingkungan Indonesia dari periode sebelum 1982 hingga perkembangan terakhir.  Buku ini juga membahas prinsip-prinsip hukum Lingkungan yang diadopsi dalam instrumen-instrumen hukum internasional, yang utama  Deklarasi Rio 1992. 


Hukum Lingkungan merupakan instrumentarium yuridis bagi pengelolaan lingkungan hidup, dengan demikian hukum lingkungan pada hakekatnya merupakan suatu bidang hukum yang terutama sekali dikuasai oleh kaidah-kaidah hukum tata usaha negara atau hukum pemerintahan. Penulis buku ini bukan hanya seorang akademisi, melainkan juga praktisi dalam bidang Hukum selama beberapa tahun, sehingga diharapkan buku ini dapat memberikan pembahasan yang komprehensif,  menyangkut tidak saja mengenai pengaturan hukum tentang masalah-masalah pencemaran lingkungan hidup, atau yang biasa disebut “brown issues”, tetapi juga mencakup pengaturan masalah-masalah pemanfaatan sumber daya alam yang lazim disebut “green issues”.   

Sasaran pembaca :

Buku ini bermanfaat tidak saja bagi para mahasiswa program S1, S2 dan S3 atau para akademisi, tetapi juga para praktisi hukum.

Sekilas penulis:


Prof. Dr. Takdir Rahmadi, S.H., LL.M., Gelar Sarjana Hukum (SH) diperoleh di Fakultas Hukum Universitas Andalas, Padang, pada 1979; gelar Master of Laws (LL.M) diperoleh di Faculty of Law, Dalhousie University, Halifax, Canada, pada 1987; dan gelar Doktor diperoleh di Program Pascasarjana Universitas Airlangga, Surabaya, pada 1997.
Berbagai jenis pekerjaan yang telah dan sedang dijalani adalah sebagai Dosen Fak. Hukum Universitas Andalas, Padang, 1 April 1980-30 Desember 2008; Pembantu Dekan II Fakultas Hukum Univ. Andalas, Padang, 1998-2002; Dekan Fakultas Hukum Univ. Andalas, Padang, 2002-2006; Hakim Agung RI, 30 Desember 2008 – Sekarang; Wakil Koordinator Tim Pembaruan Peradilan pada Mahkamah Agung Republik Indonesia, SK tanggal 20 Mei 2009; Anfgota POKJA Perdata MARI, SK tanggal 13 April 2009; Anggota Tim Penyusunan Kurikulum, Silabus, Bahan dan Metoda Pengajaran Bagi Dik Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan, SK tanggal 16 Oktober 2009; Koordinator Tim Penyusun Materi Pelatihan Pelaksanaan Keterbukaan Informasi di Pengadilan Untuk Pelatih, SK tanggal 27 Oktober 2009; Anggota POKJA Bidang Perdata Agama, Mahkamah Agung RI, SK tanggal 7 Januari 2010; Wakil Penanggung Jawab Kelompok Kerja Mediasi, SK tanggal 28 April 2009; dan Tim Ahli Penyusunan dan Pembahasan RUU Pengelolaan Lingkungan Hidup, SK tanggal 6 Februari 2009.
Selain itu juga sebagai dosen Pascasarjana Universitas Andalas, Universitas Sumatera Utara, Universitas Taruma Nagara, dan Universitas Islam Riau.




Buku HUKUM LINGKUNGAN DI INDONESIA

Pengarang: Prof. Dr. Takdir Rahmadi, SH., LLM.

Halaman: 318

Harga: Rp. 60.000


Buku HUKUM LINGKUNGAN DI INDONESIA
Buku HUKUM LINGKUNGAN DI INDONESIA

0 komentar:

Posting Komentar