Buku PengantarSosiologi Kurikulum ini sangat kuat dengan
logika fungsionalisme yang ditunjukkan pada artikulasi semua elemen yang sangat
sempurna. Asumsi sangat kuat sebagai basis fungsionalisme. Buku ini juga
menyajikan sebuah ajakan untuk melakukan refleksi politik terkait kurikulum. Beberapa refleksi tersebut
antara lain: apakah sekarang kurikulum pengetahuan yang terseleksi
diajarkan di sekolah? Bagaimana konsepsi manusia, warga negara, serta produsen
pengetahuan lainnya untuk membentuk konsep-konsep tersebut yang kemudian
digunakan dalam kehidupan sehari-hari?Pertanyaan refleksi lainnya yaitu apa
artinya dan apa tantangan reorganisasi kurikulum di sekitar gagasan kompetensi
yang ditetapkan hari ini oleh organisasi internasional? Tentu saja buku ini
menjadi referensi penting bagi para peneliti dan mahasiswa.
Prof. Dr. Jean Louis
Derouet, Professor Sosiologi Pendidikan di Ecole Normale Supérieur (ENS) de
Lyon, Perancis
Buku Pengantar Sosiologi Kurikulum
ini berupaya menjelaskan pergulatan dan perdebatan teoritik kurikulum
dalam studi sosiologi, sekaligus juga pertautannya dengan kekuasaan.
Topik bahasan buku ini menjadi pembahasan penting pada mata kuliah Sosiologi
Kurikulum di program-program Studi Pendidikan Sosiologi atau
jurusan-jurusan Sosiologi di FKIP/IKIP/STKIP di S1 maupun S2.
Sasaran Pembaca:
Pengantar Sosiologi Kurikulum digunakan di
semester 3 (Ganjil) tahun ke-2 yg kuliahnya periode kuliahnya Agustus-Desember.
Digunakan untuk Program Studi Pendidikan Sosiologi atau jurusan-jurusan yang
ada di FKIP/IKIP/STKIP. Tidak tertutup kemungkinan juga mahasiswa Pascasarjana
sangat memerlukan buku ini.
Pengantar Pedagogi Kritis digunakan untuk
semester 4 (Genap) tahun ke-2 yang kuliahnya periode Februari-Juli. Digunakan
untuk program studi Pendidikan Sosiologi atau jurusan-jurusan yang ada di
FKIP/IKIP/STKIP. Tidak tertutup kemungkinan juga digunakan mahasiswa
Pascasarjana Kependidikan.
Sekilas penulis:
Rakhmat Hidayat adalah lulusan S1
Jurusan Sosiologi FISIP Unsoed Purwokerto (2002) dan S2 Sosiologi FISIP
UI. Sejak tahun 2004 menjadi dosen Jurusan Sosiologi Universitas Negeri Jakarta
(UNJ). Sejak Maret 2011 mengikuti Program Doktoral Ilmu Pendidikan di
Université Lumiere Lyon 2, Prancis. Topik disertasinya adalah “The Politics of
Higher Education Post New Orde”. Pada tahun 2003-2005 menjadi wartawan Majalah
Cakram. Ia sering melakukan penelitian dalam topik kajian perkotaan, studi
kurikulum, pendidikan tinggi dan gerakan guru di Indonesia. Ia terlibat di
beberapa jurnal sosiologi yaitu Jurnal Komunitasdan Jurnal Scripta
Sosieta yang ada di Jurusan Sosiologi FIS UNJ.Saat ini juga ia
sedang magang sebagai peneliti doktoral di Institut Français de
l’Éducation (IFE), Lyon-Prancis. IFE adalah lembaga penelitian yang
fokus pada kajian pendidikan. IFE ini berada dalam jaringan Ecole
Normale Superieur (ENS) Lyon, Prancis. Penulis dapat dihubungi
di:rakhmat_123@yahoo.com
PENGANTAR SOSIOLOGI
KURIKULUM
Pengarang: Rakhmat
Hidayat
Halaman: 294
Harga: Rp. 49.000
0 komentar:
Posting Komentar