Buku MODEL-MODEL PEMBELAJARANMengembangkan Profesionalisme Guru ini membahas beberapa hal berkaitan dengan
model-model pembelajaran, antara lain: Standar Proses Satuan Pendidikan Dasar
dan Menengah, Menjadi Guru Profesional, Model-model Pembelajaran, Model-model
Desain Pembelajaran, Model Pembelajaran Kontekstual (CTL), Model Pembelajaran
Kooperatif, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pembelajaran Tematik,
Model Pembelajaran Berbasis Komputer, Model PAKEM, Model Pembelajaran Berbasis
Web, Model Pembelajaran Mandiri, dan Model Lesson Study.
Pengembangan Model-model Pembelajaran
merupakan suatu keniscayaan yang harus dipersiapkan dan dilakukan guru dalam
kegiatan pembelajaran. Guru merupakan ujung tombak keberhasilan kegiatan
pembelajaran di sekolah, yang terlibat langsung dalam perencanaan dan
pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Kualitas kegiatan pembelajaran yang
dilakukan sangat bergantung pada perencanaan dan pelaksanaan proses
pembelajaran yang dilakukan guru. Tugas guru bukan semata-mata mengajar (teacher
centered), tetapi lebih pada membelajarkan siswa(children centered).
Belajar pada hakikatnya adalah proses interaksi terhadap semua situasi yang ada
di sekitar individu siswa. Belajar dapat dipandang sebagai proses yang
diarahkan pada tujuan dan proses berbuat melalui berbagai pengalaman belajar
yang dirancang dan dipersiapkan oleh guru. Belajar juga merupakan proses
melihat, mengamati, dan memahami sesuatu yang ada di sekitar siswa. Kegiatan
pembelajaran dilakukan oleh dua orang pelaku, yaitu guru dan siswa. Perilaku
pembelajaran tersebut terkait dengan perencanaan dan penerapan model-model
pembelajaran.
Buku MODEL-MODEL PEMBELAJARAN
Mengembangkan Profesionalisme Guru
Pengarang: Dr. Rusman, M.Pd.
Halaman: 436
Harga: Rp. 79.000
Buku MODEL-MODEL PEMBELAJARAN Mengembangkan Profesionalisme Guru |
0 komentar:
Posting Komentar