Rabu, 23 Januari 2013

Buku Evaluasi Pembelajaran


Buku Evaluasi Pembelajaran ini menggunakan istilah penilaian karena hal tersebut merupakan bagian tak terpisahkan dari evaluasi itu sendiri. Sebagai bentuk akuntabilitas guru dalam melaksanakan pembelajaran, maka setiap guru dan tenaga kependidikan lainnya harus memahami konsep, prinsip, teknik, dan prosedur evaluasi pembelajaran sehingga hasil evaluasi dapat memberikan kepuasan bagi berbagai pihak. Di lingkungan pendidikan formal, guru juga harus dapat menggunakan berbagai inovasi dan model penilaian yang diamanatkan oleh pemerintah melalui Kurikulum Berbasis Kompetensi tahun 2004, yaitu penilaian berbasis kelas (classroom-based assessment) dengan salah satu jenisnya adalah penilaian portofolio (portofolio assessment). 

Salah satu komponen penting yang juga merupakan tugas profesional guru dalam pembelajaran adalah melaksanakan evaluasi pembelajaran. Istilah “evaluasi” sengaja digunakan oleh penulis untuk membedakannya dengan istilah “penilaian”. Alasannya, pembelajaran sebagai suatu sistem tidak hanya terdiri atas hasil belajar tetapi juga komponen-komponen penting lainnya, seperti guru, strategi, dan media. 


Hasil evaluasi pembelajaran selain untuk mengisi buku rapor peserta didik juga dapat dijadikan feedback bagi guru untuk melakukan refleksi pelaksanaan pembelajaran. Dengan demikian, setiap saat guru dapat meningkatkan kinerjanya sehingga secara bertahap tapi pasti mutu pendidikan dapat ditingkatkan.


Judul Buku : Evaluasi Pembelajaran
Kode Buku : RR.PK0104 
Pengarang : DRS. ZAINAL ARIFIN, M.PD. 
Tahun : Cet-1, Oktober 2009
Dimensi : 16x24, HVS-70 Gram, AC210, 320 halaman 
ISBN : 979-692-956-2
Harga Buku : 68,000.00 



Buku Evaluasi Pembelajaran
Buku Evaluasi Pembelajaran



1 komentar: