Senin, 21 Januari 2013

Buku Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam


Buku Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ini menyajikan model-model pembelajaran PAI dan penilaiannya, yaitu dengan menyuguhkan berbagai model pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang pernah diujicobakan oleh berbagai pihak dan menunjukkan respons dan hasil yang positif  terhadap peningkatan kualitas pembelajaran PAI baik dari aspek pengetahuan, sikap, maupun tindakan. Hal ini dapat dijadikan modal/bahan untuk terus dikembangkan sehingga melahirkan model-model baru dalam pembelajaran PAI yang lebih efektif.

Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan kepada siswa/mahasiswa mulai dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi yang syarat dengan muatan nilai-nilai (Ilahiah, insaniah dan alamiah). Dalam konteks NKRI yang mayoritas masyarakatnya memeluk Islam, seharusnya PAI mendasari pendidikan- pendidikan lain, serta menjadi core (inti) dan primadona bagi masyarakat, orang tua dan peserta didik. Namun, dalam kenyataannya kurang mendapat perhatian yang proporsional. Padahal mata pelajaran PAI termasuk pada kelompok pengembangan kepribadian, sejatinya dijadikan tolok ukur dalam membentuk watak, kepribadian dan moral bangsa (national character building). Kehadiran buku ini setidaknya dapat dijadikan bahan/referensi bagi mahasiswa, guru dan pihak lainnya sebagai kajian pada dua mata kuliah, yaitu ‘Telaah Kurikulum PAI’ serta ‘Belajar dan Pembelajaran PAI’ walaupun tidak sepenuhnya menggambarkan tentang apa yang dibutuhkan pada mata kuliah tersebut. 

Secara garis besar, isi buku ini dapat dikategorikan ke dalam dua bagian, yaitu: Pertama, Telaah kurikulum PAI, hal ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman agar kegiatan pembelajaran PAI yang hendak dilakukan oleh guru diawali dengan kegiatan menelaah kurikulum. Dengan menelaah kurikulum, guru dapat memetakan keterhubungan antara satu  kompetensi dengan kompetensi lainnya baik secara vertikal maupun horizontal sehingga guru dan pengelola pendidikan akan memiliki gambaran yang jelas tentang tujuan program pendidikan, bahan ajar, tata urut dan cakupan materi, penyajian materi, serta peran guru dan murid dalam  rangkaian pembelajaran. Tanpa pemahaman yang baik dan benar terhadap tujuan, prinsip-prinsip dan isi kurikulum, guru akan mendapatkan kesulitan ketika menjabarkannya ke dalam kegiatan pembelajaran. 

Judul Buku : Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Harga          : Rp 75.000
Pengarang   : Abdul Madjid, M.Pd.
Cetakan       : 1, 2012
Ukuran        : 16x24 cm, 388 hlm.
Isi                : HVS 70 gr.
Sampul        : AC 230 gr.
ISBN           : 978-979-692-120-1

Buku Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Buku Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam



0 komentar:

Posting Komentar