Kamis, 29 November 2012

Buku DASAR-DASAR PENYAKIT BERBASIS LINGKUNGAN


Buku DASAR-DASAR PENYAKIT BERBASISLINGKUNGAN ini menjabarkan bagaimana manusia dengan peradabannya berinteraksi dengan lingkungan yang harus di kelolanya, ternyata memiliki potensi kejadian penyakit. Buku DASAR-DASAR PENYAKIT BERBASIS LINGKUNGAN  ini menguraikan patogenesis kejadian berbagai penyakit yang berasal dari lingkungan. Dampak akibat perubahan perubahan lingkungan, utamanya akibat kegiatan sehari hari di uraikan dengan komprehensif, dimulai dari sumber penyebab kejadian penyakit, dinamika dalam lingkungan, populasi yang terkena risiko hingga dampak yang ditimbulkannya. Dengan menggunakan Teori Simpul yang dikemukakan oleh penulis pada tahun 1987 dimodifikasi dalam konteks kekinian, buku ini akan memberikan gambaran, sebuah proses kejadian penyakit yang nyaris semuanya berasal dari lingkungan. Kejadian penyakit pada hakekatnya berbasis lingkungan.



Kejadian Penyakit yang terjadi dalam sebuah komunitas pada sebuah wilayah pada hakekatnya merupakan babak akhir dari sebuah proses. Sebuah proses dinamik hubungan interaktif antara manusia dengan komponen lingkungannya. Manusia dengan peradaban, budaya, perilaku dan status pekerjaan yang dimilikinya, telah ’membangun’ lingkungannya sedemikian rupa sehingga penuh potensi bahaya penyakit. Lingkungan buatan manusia seperti penggunaan berbagai senyawa kimia toksik, berbagai bahan yang mengandung bahaya radiasi, mutasi berbagai mikro organisme penyebab penyakit menular baru, serta berbagai hobi, perilaku pemajanan pada akhirnya merugikan manusia itu sendiri. Manusia memaksa membuka pemukiman di atas rawa-rawa yang merupakan habitat nyamuk. Manusia menggali, menambang, mengeruk berbagai ‘simpanan’ alam yang pada akhirnya menimbulkan penumpukan bahan beracun. Manusia membakar energi demi sesuap nasi yang pada akhirnya menimbulkan polusi udara, air, dan pangan. 


Sasaran pembaca :
Buku DASAR-DASAR PENYAKIT BERBASIS LINGKUNGAN  ini perlu dibaca oleh masyarakat pemerhati lingkungan, mahasiswa kedokteran, mahasiswa kesehatan masyarakat, pengelola lingkungan hidup di kabupaten dan kota, serta para penyusun kebijakan.

 Sekilas penulis:
  •  Dosen pada Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, 1975–sekarang;
  • Dosen Pascasarjana Universitas Indonesia, 1987–sekarang;
  • Guru Besar Universitas Indonesia, sejak 1991;
  • Adjunct Professor, Griffith University, Queensland, Austra­lia sejak 2003;
  • Guru Besar Tamu di Universitas Jenderal Sudirman, Universitas Diponegoro, dan Universitas Hasanuddin, sejak tahun 2000.
  • Pembina dan Pendiri Environmental Health Specialist Association – Indonesia (EHSA) sejak 2008 - sekarang,
Pengalamannya antara lain:
Ketua Nasional Penyelenggara Pekan Imu­nisasi Nasional 2002; Ketua Penanggung Jawab Penanggulangan Wabah SARS Na­sio­nal; 2003 Penanggulangan Wabah Flu Burung, Direktur Gerakan Terpadu Nasional Pemberantasan TBC; Direktur Ge­rakan Brantas Kembali Malaria, Penang­gulangan Bencana Alam Nanggroe Aceh Darussalam, bidang Pencegahan Wabah Penya­kit Menular, 2005 Penanggulangan “wabah” (KLB) polio Sukabumi, 2005




Buku DASAR-DASAR PENYAKIT BERBASIS LINGKUNGAN

Pengarang: Prof.dr.Umar Fahmi Achmadi MPH.Ph.D.

Halaman: 184

Harga: Rp. 45.000


Buku DASAR-DASAR PENYAKIT BERBASIS LINGKUNGAN
Buku DASAR-DASAR PENYAKIT BERBASIS LINGKUNGAN


0 komentar:

Poskan Komentar